Adsense Indonesia

Rabu, 17 November 2010

10 Tips Kesehatan yang Simple dan Bermanfaat


1.Jaga Kesehatan Mata dengan Biji Pepaya
Bagaimana menjaga kesehatan mata? Menurut dr. Rini Mahendra SpM cara yang mudah dilakukan, salah satunya ialah dengan mengonsumsi biji pepaya. Mengapa biji pepaya? Konon biji pepaya mengandung senyawa likopen yang penting bagi kesehatan mata. Bila Anda tidak tahan akan rasa getirnya, maka Anda dapat mengonsumsinya dengan ditambah madu, atau sebagai campuran minum teh. Selain itu bisa juga biji tersebut dijemur atau disangrai untuk kemudian dimakan sebagai snack. Konsumsilah secara teratur, kira-kira tiga kali sehari sebanyak sepuluh butir.

2. Biji Tomat Cegah Penyakit Jantung

Anda suka minum jus tomat tapi kerapkali membuang bijinya? Mungkin setelah membaca artikel ini kebiasaan itu harus diubah. Berdasarkan riset yang dilakukan Rowett Research Institute di Scotlandia, ditemukan bahwa cairan licin atau jelly berwarna kuning yang terdapat disekitar biji tomat mengandung senyawa atau bahan campuran yang manjur untuk melawan stroke dan penyakit jantung. Bila Anda meminum jus tomat tanpa membuang bijinya, maka Anda telah mengurangi risiko terjadinya penggumpalan darah sekitar 72 persen, hingga dapat Anda dapat terhindar dari penyakit jantung.

3. Jangan Lama Mencelup Teh
Teh diakui berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Teh juga telah menjadi konsumsi khalayak luas sebagai minuman sehari-hari. Teh dikemas dalam bentuk teh celup juga teh bubuk. Namun ada yang perlu diperhatikan pada teh celup, yaitu pemakaiannya. Teh celup sebaiknya tidak dicelupkan terlalu lama. Ini berlaku untuk semua teh, berwarna maupun teh hijau.
Ini disebabkan adanya kandungan zat klorin dalam kantong kertas teh celup. Zat ini fungsinya untuk disinfektan kertas sehingga kertas akan terbebas dari bakteri pembusuk dan tahan lama. Kertas dengan klorin tampak lebih bersih. Namun disinfektan dalam jumlah besar tidak berbeda jauh dengan racun serangga.
Sehingga dianjurkan jangan mencelupkan teh celup dalam waktu lama. Jika mencelup kantong teh lebih dari 3-5 menit, klorin akan ikut larut dalam teh. Agar terhindar dari kemungkinan-kemungkinan penyakit, sebaiknya jangan mencelup kantong teh lebih dari 3 menit.

4. Kumur-kumur Saat Asma

Asma merupakan salah satu penyakit kronik terbanyak pasiennya di dunia. Menurut dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, diperkirakan pada tahun 2005 ada tambahan sekitar 100 juta pasien asma di dunia.
Pengobatan asma ada yang bersifat pelega (reliever), ada pula yang bersifat pengontrol (controller). Obat asma yang paling aman dan efektif adalah yang diberikan dalam bentuk disemprot atau dihisap (inhaler) karena akan langsung masuk ke saluran nafas, efeknya cepat, efek samping minimal, dan dosisnya kecil.

5. Luka Sayat
Si kecil mengalami luka akibat bermain pisau hingga kulitnya tersayat?
Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:
• Jika lukanya kecil, cukup ditekan saja beberapa detik dengan kapas atau perban steril untuk mengeringkan dan menghentikan perdarahan.
• Jangan mengoles luka dengan kapas karena dapat merusak pinggiran luka hingga perdarahan baru bertambah. Berikan larutan antiseptik untuk mencegah infeksi.
• Kalau darah sudah mengering/berhenti baru ditutup dengan plester

6. Pertolongan Pertama Demam

Yang penting dilakukan ialah menurunkan suhu tubuh penderita, bisa dengan mengompres menggunakan air dingin, memberikan obat penurun panas, juga disertai pengipasan agar panas tubuh segera menguap. Kompreskan air dingin di dada sebelah kiri atau ubun-ubun kepala yang bermanfaat menurunkan panas lebih cepat. Lebih aman menggunakan obat penurun panas jenis parasetamol, yang banyak dijual bebas, terutama bagi anak usia dibawah 5 tahun.

7. Perawatan Untuk Lingkaran Hitam di Sekitar Mata
Parutan kentang bisa mengurangi warna hitam di lingkaran mata. Kentang mengandung enzim yang bernama catecholase, yang sering digunakan sebagai bahan kosmetik dengan tujuan mencerahkan kulit. Blender sebutir kentang dan bungkus kentang yang diblender dengan kain bersih. Tempelkan langsung pada daerah di bawah mata, dan diamkan selama 15-20 menit. Jangan biarkan kentang masuk ke dalam mata. Bersihkan.

8. Mengurangi Kerutan di Wajah
Untuk mengurangi kerutan di wajah, bisa digunakan cara mudah dan murah yaitu dengan memanfaatkan anggur berwarna hijau. Anggur jenis ini sering digunakan sebagai salah satu bahan kosmetik krim anti kerut.
Tapi Anda bisa membuat sendiri ramuan anti kerut, caranya belah anggur jadi dua kemudian gosokan ke wajah dan leher. Pastikan Anda menggosokannya di area di sekitar mulut. Diamkan selama 20 menit dan basuh dengan air hangat-hangat kuku.
Lakukan setiap hari, dan Anda akan melihat perubahan pada wajah Anda. Jangan lupa minum air putih minimal delapan gelas sehari. Dan makan makanan yang kaya mengandung vitamin A seperti wortel, seledri dan bayam. Usakan tidur delapan jam sehari.

9. Masker Apel untuk Kulit Berminyak
Masker ini sangat cocok untuk kulit berminyak, pembuatan dan pemakaiannya pun sangat mudah.
Bahan-bahan:
• Satu buah apel ukuran sedang, diparut
• Lima sendok makan madu
Campur parutan apel dan madu dengan baik. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit. Basuh dengan air dingin.

10. Sauna Kulit Wajah
Perawatan kulit yang baik salah satunya dengan sauna wajah. Yang Anda butuhkan adalah mangkuk yang diisi dengan air panas yang ditambahkan dengan beberapa minyak essential yang disesuaikan dengan jenis kulit:

Normal: Mandarin dan Lavender
Berminyak: Lemon dan Minyak Kayu Putih
Kering: Mawar dan Camomile

Lilitkan handuk di atas kepala, dan uapi wajah Anda dengan jarak 30 cm dari mangkuk selama kurang lebih dua menit. Langkah ini akan membuka pori-pori sehingga kulit siap untuk dimasker. Sebaiknya Anda tidak melakukan sauna wajah jika kulit sensitif, sedang hamil atau menderita asma.
Untuk minyak essential, Anda bisa membelinya di gerai-gerai khusus kosmetik. Mustika Ratu dan Sari Ayu juga menjual minyak essential jenis-jenis di atas.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Sundanese Attack Free Blogspot Templates Designed by sYah_ ID RAP for smashing my Life | | Free Wordpress Templates. Cell Numbers Phone Tracking, Lyrics Song Chords © 2010