Adsense Indonesia

Sabtu, 02 April 2011

2 Tahun Lagi, Mobil Terbuat dari Buah Meluncur?



LONDON - Bisa membayangkan sebuah mobil terbuat dari buah-buahan? Sejumlah ilmuwan dari Brasil kabarnya tengah mengupayakan mobil ini diluncurkan dalam kurun dua tahun ke depan.

Guna mendukung 'gerakan hijau', ilmuwan di Brasil menggunakan serat dari tumbuh-tumbuhan untuk menciptakan body mobil generasi baru yang sangat kuat. Mereka meyakini, di masa mendatang, material ini bahkan tidak hanya digunakan untuk membangun body mobil tapi juga suku cadang mesin.

Beberapa manufaktur mobil saat ini sudah menguji plastik yang diperkuat oleh materi dari serat buah. Mereka mengklaim plastik ini sudah bisa digunakan pada mobil dua tahun mendatang. Dr Alcides Leao dari Sao Paulo State University menjelaskan menambah serat mickroskopik dari buah-buahan seperti nanas dan pisang pada plastik akan membuat plastik itu lebih kuat.

"Plastik-plastik seperti ini sangat luar biasa. Ini plastik yang ringan tapi sangat kuat. Plastik ini 30 persen lebih ringan tapi lebih kuat tiga sampai empat kali dibandingkan plastik biasa," papar Leao seperti disitat Daily Mail, Selasa (29/3/2011).

"Kami percaya banyak bagian mobil, seperti dashboard dan bemper bisa dibentuk dari serat buah di masa depan. Serat buah akan mengurangi berat mobil dan membantu menghemat bahan bakar," lanjut Leao.

"Hingga saat ini kami masih fokus untuk menggantikan plastik otomotif tapi ke depannya kami mungkin bisa menggantikan suku cadang berbahan besi dan alumunium dengan menggunakan material dengan bahan nano-selulosa ini," tutupnya.

Plastik ini juga memiliki potensi digunakan dalam bidang medis untuk katup jantung artifisial, ligamen serta sambungan tulang pinggul buatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Sundanese Attack Free Blogspot Templates Designed by sYah_ ID RAP for smashing my Life | | Free Wordpress Templates. Cell Numbers Phone Tracking, Lyrics Song Chords © 2010