Senin, 15 November 2010

10 Tips Mendapatkan Energi Tambahan Saat Kelelahan


Kurang tidur sering kali membuat seseorang kurang bersemangat ketika bangun dari tidurnya. Hal ini disebabkan oleh energi tubuh yang belum terisi penuh. Jika Anda mengalami hal ini, berikut tips singkat untuk mendapatkan tambahan energi, seperti yang dikutip dari msnbc.

Sarapan

Sarapan dengan makanan yang kaya akan serat membuat seseorang menjadi lebih siaga. Sebuah studi di Cardiff University mengatakan bahwa objek studi yang memakan sereal kaya serat di pagi hari menunjukkan tingkat kelelahan menurun 10 persen. Selain itu, mereka juga tidak mudah mengalami depresi dan keterampilan kognitifnya meningkat.

Latte ukuran kecil
Menurut ahli dibidang tidur, Harris R. Lieberman, PhD, meminum kopi 200 gram setiap jam akan membantu Anda tetap terjaga, waspada dan fokus dibandingkan langsung menghabiskan satu kopi ukuran besar sekaligus.

"Ketika Anda meminum kopi besar dengan cepat, kafein akan memuncak pada aliran darah dengan cepat dibandingkan jika Anda meminumnya seteguk demi seteguk," ujar Harris.

Makan lebih sering

Jika Anda biasanya hanya makan tiga kali dalam sehari, maka pada saat kekurangan energi sebaiknya Anda makan lebih banyak dari hari biasanya. Namun makanlah dengan porsi yang kecil. Setiap makanan harus mengandung beberapa karbohidrat, protein dan lemak tak jenuh.

"Makan dengan porsi kecil secara berkala selama sehari, setiap tiga hingga empat jam sekali akan membantu gula darah Anda terjaga, sehingga Anda tidak mendapatkan energi yang berlebihan atau menjadi rakus," jelas Kathy McManus, RD, direktur Department of Nutrition di Brigham and Women's Hospital, Boston.

Menanam tumbuhan di meja kerja
Sebuah penelitian dari Texas A&M menemukan bahwa para sukarelawan yang memiliki vas berisi bunga di meja kerjanya, lebih kreatif daripada mereka yang tidak. Pada penelitian lain di Kansas State University menyatakan bahwa wanita yang memiliki bunga di meja kerjanya tidak mudah stres.

Minum Air
"Setengah dari orang yang datang ke saya dan mengeluh soal kelelahan ternyata mengalami dehidrasi," ujar Woodson Merrell, MD,direktur eksekutif di Continuum Center for Health and Healing di Beth Israel Medical Center, New York.

Menjaga diri agar tetap terhidrasi merupakan cara yang mudah untuk tetap berenergi dan tetap fokus.

Minum Teh

Teh juga bisa menjadi alternatif selain air dan kopi untuk melawan kelelahan. Sebuah studi melaporkan bahwa kafein dan asam amino L-theanine yang terdapat pada teh mengurangi kelelahan pada mental dan meningkatkan kewaspadaan, reaksi dan ingatan. Studi yang di lakukan di University College London ini mengatakan bahwa orang yang meminum kopi empat kali sehari selama enam hari mempunyai tingkat hormon kortisol (hormon stres) yang lebih rendah.

Berjalan
Sebuah penelitian melaporkan bahwa wanita yang melakukan jalan cepat selama 70 menit dalam seminggu (10 menit sehari) mendapatkan 18 persen energi lebih banyak daripada yang tidak. Mereka juga merasa pikirannya lebih jernih, percaya diri, berkurangnya rasa sakit, mampu mengangkat belanjaan lebih banyak hingga menaiki tangga lebih mudah.

Pasang headphone, Nyalakan iPod
Musik juga bisa meningkatkan konsentrasi Anda saat bekerja. Sebuah studi mengatakan bahwa karyawan yang bekerja sambil mendengarkan musik beberapa menit mengalami peningkatan produktifitas sebesar 10 persen daripada mereka yang tidak.

Obat herbal
Cobalah mencari tumbuhan rhodiola. Anda bisa menemukannya di toko kesehatan. Tumbuhan tersebut bisa meningkatkan zat kimia pada otak yang akan menstimulasikan sistem saraf pusat dan meningkatkan kewaspadaan. Sebuah studi di Rusia mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi rhodiola mengalami peningkatan kesehatan fisik, mengkoordinasi lebih baik dan mentalnya tidak mudah lelah.

Salad rumput laut
Salad yang satu ini mengandung yodium, sebuah zat kimia yang membantu menjaga hormon tiroid. Selain menjaga berat badan Anda, dengan hormon tiroid yang terjaga maka mood seseorang akan terjaga pula.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Sundanese Attack Free Blogspot Templates Designed by sYah_ ID RAP for smashing my Life | | Free Wordpress Templates. Cell Numbers Phone Tracking, Lyrics Song Chords © 2010