Sabtu, 13 November 2010

Agar Sperma Tetap Sehat




KEMAMPUAN tiap pria dalam memproduksi sperma berkualitas tentu berbeda-beda. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penghambat sehingga sperma yang dikeluarkan tidak sehat. Sehingga, dibutuhkan upaya agar sperma tetap sehat. Apa saja?

Berhentilah merokok


Tidak mengonsumsi rokok sangatlah baik untuk mengurangi nikotin dan efek radikal bebas yang mengurangi kesuburan sperma.

Kurangi minum alkohol

Lebih dari dua gelas perhari sudah masuk dalam kategori berlebihan. Alkohol bisa menurunkan kualitas dan kuantitas sperma. Namun, alangkah lebih baik jika sama sekali Anda tak mengonsumsi alkohol. Walau bagaimanapun, alkohol itu lebih berbahaya daripada merokok sekalipun.

Hindari celana dalam terlalu ketat

Carilah yang sedikit longgar dan hindari mandi dengan air terlalu panas supaya tetikel Anda tetap dingin.

Konsumsi cukup vitamin

Tetap asup multivitamin sebagai antioksidan misalnya vitamin C, E, dan betakaroten. Bisa juga dengan banyak mengasup buah dan sayuran. Baik juga bila Anda minum multivitamin yang mengandung zinc sebanyak 20 mg setiap hari.

Sejumlah makanan kaya zinc seperti daging kalkun, kerang, daging kambing, dan daging merah tanpa lemak untuk meningkatkan kuantitas sperma.

Batasi makanan berlemak


Jangan berlebihan mengasupnya tanpa imbangan serat.

Banyak minum air putih

Tak ada fungsi organ yang berjalan normal saat tubuh kekurangan air. Dalam kondisi dehidrasi akibat kekurangan cairan, produksi hormon penghasil sperma akan terhambat. Takaran ideal, konsumsi air sedikitnya delapan gelas perhari.

Konsumsi lebih banyak daging

Kandungan asam amino (L-arginine dan L-carnitine) dalam sejumlah produk daging bermanfaat untuk meningkatkan hormon testosteron dan meningkatkan produksi sperma. Produk yang baik dikonsumsi adalah ikan tuna, daging unggas, dan daging merah.

Hindari stres yang berkepanjangan

Sisihkan waktu Anda untuk bermeditasi, menyendiri, dan menikmati hidup Anda sendiri tanpa gangguan apapun, entah itu menikmati musik, menonton film, televisi, dan lain-lain.

Olahraga teratur

Kesehatan tubuh, olahraga juga memiliki pengaruh yang positif terhadap kesehatan reproduksi. Namun, olahraga berlebihan tidak disarankan karena menimbulkan perubahan sementara pada hormon yang berakibat pada penurunan kualitas sperma.

Batasi asupan minuman ringan

Yakinlah diri bahwa minuman yang Anda asup aman terhadap berbagai bahan kimia yang bisa meracuni tubuh.

Bercinta setiap hari

Bercinta setiap hari selama 7 hari dapat membuat sperma lebih sehat, giat, dan aktif. Karena itu, bagi pasangan yang sedang menjalani program kehamilan dianjurkan untuk menjalani program bercinta setiap selama 7 hari ini.
okezone.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Sundanese Attack Free Blogspot Templates Designed by sYah_ ID RAP for smashing my Life | | Free Wordpress Templates. Cell Numbers Phone Tracking, Lyrics Song Chords © 2010