Senin, 15 November 2010

Cara mengingatkan orang yang punya "BAU BADAN"



Bau badan merupakan masalah yang tak hanya mengganggu diri sendiri tapi juga orang-orang di sekitar. Tapi beberapa orang tidak menyadari kalau memiliki gangguan bau badan, sedangkan orang-orang di sekitarnya juga segan mengingatkannya. Bagaimana cara memulai pembicaraan untuk mengingatkan teman pada masalah bau badannya?

Bau badan adalah istilah yang digunakan untuk setiap bau yang tidak menyenangkan yang berhubungan dengan tubuh seseorang.

Orang umumnya mengasosiasikan bau badan dengan keringat, padahal keringat sebenarnya tidak mengeluarkan bau. Keringat sebenarnya air dan garam yang dikeluarkan kelenjar keringat yang berfungsi mengontrol suhu tubuh.

Yang menyebabkan bau justru bakteri yang ada di kulit seseorang. Bakteri tersebut ketika bercampur dengan keringatlah yang menghasilkan bau badan. Penyebabnya bisa obat, racun, sayuran tertentu, alkohol, keracunan arsenik atau rokok. Bumbu masakan seperti bawang putih dan bawang merah mentah juga dapat memicu bau badan.

Tapi beberapa orang tidak menyadari dirinya memiliki gangguan bau badan yang sebenarnya mengganggu kenyamanan orang-orang di sekitarnya. Hal ini terkadang membuat orang segan untuk menegur dan mengingatkannya.
Dilansir dari Telegraph, Rabu (7/7/2010), Dr Tom Preston, eksekutif spesialis pelatihan dan penulis Coach Yourself To Success, memberikan beberapa cara untuk memulai pembicaraan dan mengingatkan rekan kerja yang memiliki masalah bau badan, yaitu:

Letakkan deodoran di mejanya

Tinggalkan deodoran di meja rekan kerja yang memiliki bau badan, kemudian salah satu teman berpura-pura menemukan deodoran tersebut dan menanyakan siapa pemiliknya. Rekan-rekan yang lain hendaknya diam dan jangan ada yang mengaku ataupun tertawa agar trik ini berhasil.

Ajak makan keluar kantor

Ajaklah teman Anda makan keluar kantor. Katakan padanya jika Anda ingin membicarakan hal yang penting mengenai hubungan kerja dan Anda tidak ingin membicarakannya di kantor karena menghormatinya dan tak ingin menyinggungnya.

Katakan bila Anda peduli padanya dan tak ingin teman-teman lain menggunjingkannya di belakang. Tanyakan apakah ia bersedia untuk membicarakan hal ini.

Hal ini disebut dengan pelatihan 'inokulasi psikologis', Anda akan mendapatkan izin dengan memberitahu alasan terlebih dahulu.

Ketika Anda sudah ada di luar kantor, katakan padanya bahwa suasana kantor yang panas kadang-kadang dapat menyebabkan bau badan. Katakan juga bahwa Anda sesekali mencium bau badan yang kurang menyenangkan dari dirinya. Tapi jangan lupa menjelaskan bahwa Anda hanya tak ingin membuatnya malu dengan rekan-rekan di kantor.

Akhiri pembicaraan dengan memastikan bahwa rekan Anda tersebut tidak tersinggung atau marah, serta tanyakan apakah Anda melakukan hal yang benar.

Masalahnya kadang-kadang tidak ada yang berani atau berinisiatif memberitahukan kepada si rekan yang bau badan dengan alasan tidak enak atau takut tersinggung.

Dr Preston mengatakan jika itu yang terjadi, kesalahan ada pada rekan-rekan kerja si bau badan karena tidak mau memberitahukan hal yang sebenarnya. Jika Anda mendiamkan masalah teman yang bau badan berarti Anda memang tidak mau peduli kepadanya.

Orang yang bau badan pun tidak boleh tersinggung jika ada yang mengingatkan dan harus menerima dengan besar hati kekurangannya itu demi kebaikan semua.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Sundanese Attack Free Blogspot Templates Designed by sYah_ ID RAP for smashing my Life | | Free Wordpress Templates. Cell Numbers Phone Tracking, Lyrics Song Chords © 2010