Sabtu, 13 November 2010

Kerangka Manusia Megalitikum Ditemukan



"Diduga dia abdi tuannya yang setia dan dikubur di samping sarkofagus tuannya."
Kerangka manusia zaman megalitikum yang diperkirakan berusia 2.500 tahun lalu ditemukan di Desa Keramas, Blahbatu, Gianyar, Bali, dalam kondisi yang masih utuh.

Kerangka itu ditemukan saat tim peneliti dari Balai Arkeologi Denpasar tengah melakukan penggalian Minggu 29 Agustus 2010 di samping sebuah sarkofagus berkepala patung manusia yang sebelumnya ditemukan lebih dulu pada 25 Agustus 2010. Diduga kerangka itu adalah seorang seorang abdi yang selama hidupnya setia kepada tuannya.

"Kerangkanya masih lengkap dengan bekal kuburnya, berupa batung beliung dan guci kuno. Dari hasil penelitian kami, diduga dia abdi tuannya yang setia dan dikubur di samping sarkofagus tuannya," jelas Ayu Kusumawati, Koordinator Balai Arkeologi Denpasar saat dikonfirmasi, Minggu, 29 Agustus 2010.

Sejak tahun 1978, temuan sarkofagus di Gianyar sudah mencapai 37 buah, ditambah dua sarkofagus terbaru di kawasan galian bata merah, Desa Keramas, Blahbatu, Gianyar, Bali.

Sarkofagus lainnya yang ditemukan berada di sekitar tiga meter dari lokasi pertama, juga dipastikan berasal dari satu komunitas, namun ukuran dan bentuknya berbeda sesuai status sosialnya.

"Dipastikan dulu ini menjadi daerah padat pemukiman, karena juga banyak ditemukan pecahan periuk dan alat-alat sembahyang. Menurut literatur, daerah ini adalah kawasan pemukiman padat di awal peradaban Bali," ungkap Ayu.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Sundanese Attack Free Blogspot Templates Designed by sYah_ ID RAP for smashing my Life | | Free Wordpress Templates. Cell Numbers Phone Tracking, Lyrics Song Chords © 2010